SEPEDA DARI MASA KE MASA


 

 
Seperti ditulis Ensiklopedia Columbia, nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Perancis. Menurut sejarahnya, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan dua roda.
Sepeda atau disebut juga sepeda angin adalah kendaraan beroda dua [atau tiga] yang terdiri dari setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya. Kendaraan ini telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai alat transportasi, pengangkut barang, dan kini digemari sebagai bentuk olahraga. 
 





Sepeda yang dibuat pertama kali oleh orang Jerman, Baron von Drais pada tahun 1817, Draisienne. Semuanya terbuat dari kayu. Cara pakenya, dengan mendorongnya kaki ke tanah.  


Tahun 1839, Kirkpatrick MacMillan mendesaian sepeda seperti ini
Dia adalah seorang pandai besi dari Skotlandia, sepeda hasil rancangannnya dibuat agar sepeda tidak digerakkan dengan menjejakkan kaki ke tanah dan dinamakan MacMillan Velocipede. sepeda diproduksi secara masal yaitu pada tahun 1860, dirancang oleh orang perancis yang bernama Pierre Michaux, hasil rancangannya dinamain Michaux Velocipede.





Sepeda dirancang pake metal yang ringan oleh orang Inggris, Reynolds pada tahun 1869, tapi hanya framenya aja, trus roda dari kayu tetapi dilapisi karet, karetnya dipakukan ke roda kayu. Sepedanya dinamain Phantom.

Tahun 1870 sebuah pabrik sepeda di Coventry Inggris mendesain sepeda yang diberi nama Ariel.  James Starley dan William Hillman mendesain si Ariel ini, dimana seluruh bagian sepeda dibuat dari metal.










Tahun 1876 sepeda roda tiga pertama diproduksi masal oleh Cobentry Lever yang dibuat oleh Starley dan diberi nama Salvo. Dilengkapi dengan lampu penerangan dan menjadikan kendaraan paling populer disana.
Sepeda dengan gear yang bisa dipindah pindah tahun 1878, nama sepeda nya Kangaroo. Yang menciptakan pemindahan gearnya adalah Otto dan Wallace, hasil ciptaannya dipatenkan oleh mereka berdua. Sepeda ini juga mulai dilengkapi dengan rem. Karena kecepatannya udah mulai cepet .











Orang mulai memikirkan kecepatan sepeda, pada tahun 1879, Bayliss Thomas membuat sepeda yang nyaman dan lebih cepat, dilengkapi dengan pedal dari karet dengan berat sepeda hanya 22 kg.
Tahun 1879 sepeda mulai menggunakan rantai. Nama pembuatnya Harry John Lawson orang Inggris dinamain Lawson Bicyclette.


Cikal bakal sepeda modern ini prototipenya dibuat tahun 1885, dibuat oleh John Kemp Starley keponakan si pembuat sepeda Ariel, James Starley. Dimana sepeda ini bentuknya seperti sepeda yang kita lihat sekarang. Ada sadelnya, rantai, rem dll deh. Sepeda ini dinamain rover.
Inilah wujud sepeda dari masa ke masa yang beredar diIndonesia.
 
Sepeda Onthel
Kendaraan yang juga disebut sebagai sepeda unta, sepeda kebo, atau pit pancal ini adalah sepeda standar dengan ban ukuran 28 inchi. Biasa digunakan masyarakat perkotaan sampai tahun 1970-an. Berbagai macam merek sepeda onthel dari berbagai negara beredar di pasar Indonesia. Pada segmen premium terdapat merek seperti Fongers, Gazelle, dan Sunbeam. Kemudian pada segmen di bawahnya diisi sejumlah merek terkenal, antara lain Simplex, Burgers, Raleigh, Humber, Rudge, Batavus, Phillips, dan NSU.
 
BMX
BMX merupakan kependekan dari bicycle motor-cross. Jenis sepeda ini banyak digunakan untuk atraksi. Sepeda BMX mulai terkenal di Amerika tahun 1970-an, anak-anak di seluruh negeri itu mengendarai sepeda mereka di luar dan di jalan raya. Dalam sejarahnya ras BMX memberikan pengendaranya kesempatan untuk menguji kemampuan mereka dengan pengendara BMX lain. Pada pertengahan 1970-an, BMX menjadi lebih spesifik sebagai salah satu jenis sepeda, mengendarai BMX mulai mempunyai teknik tersendiri dan membutuhkan skill tertentu. Kini, BMX dikenal sebagai salah satu cabang olahraga ekstrem.
 
Sepeda Gunung
Sepeda jenis ini khusus digunakan untuk medan yang berat [lintasan off-road]. Pertama kali diperkenalan pada tahun 1970, oleh pemakai sepeda di perbukitan San Francisco. Sejak saat itu dunia mengenal sepeda gunung ini. Ciri-cirinya ringan, bentuk kerangkanya terbuat dari baja, aluminium dan yang terbaru menggunakan bahan komposit serat karbon serta menggunakan shock breaker–peredam kejut. Sedangkan ban yang dipakai adalah yang memiliki kemampuan untuk mencengkeram tanah dengan kuat. Memiliki suspensi, dan kombinasi kecepatan sampai 27.
 
Sepeda Lipat
Ini adalah jenis sepeda yang dapat dilipat dalam waktu singkat sehingga dapat dibawa ke mana saja. Sepeda lipat memiliki engsel pada rangkanya sehingga bisa dilipat menjadi lebih ringkas. Karena itu sepeda lipat bisa dibawa ke dalam angkutan umum, disimpan di apartemen ataupun kantor tempat sepeda biasa dengan ukuran yang besar tidak diijinkan. Sepeda lipat mulai populer di Indonesia sejak maraknya komunitas pekerja bersepeda. Sepeda jenis ini populer di kalangan pengguna di mana rute-rute pendek mereka tempuh dengan sepeda sementara rute jauh tetap menggunakan kendaraan lainnya.
 
Sepeda Fixie
Jenis sepeda yang sedang marak digandrungi remaja yang juga disebut fixed gear ini berasal dari negeri Paman Sam. Sepeda fixie digunakan pengantar pos, surat kabar dan majalah. Saat itu kondisi kota New York sangat padat dan mereka sering terlambat ketika mengantar paket. Akhirnya mereka memilih sepeda fixed gear sebagai alternatif dan hasilnya sangat memuaskan karena pengiriman yang lebih cepat.

Sumber: (http://manztea.wordpress.com/2008/10/25/sepeda-dari-masa-ke-masa- http://sportzmaxx.com ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar