Tips Memlilih Sepeda
Saat pertama kita membeli MTB dari beberapa toko toko sepeda…sebagai newbie, banyak yang terbius oleh produk eye catching atau bentuk sepeda yang kekar, atau berat frame dan komponen yg ringan, produk – produk branded,harga yg mahal ( karena menurut penjual harga menjamin produk tersebut ), dan lain-lain
Ternyata, survey dari beberapa atlit dan pembalap MTB yg mempunyai prestasi di kalangan lokal maupun nasional, bahwa sepeda yang diperlukan untuk MTB adalah sepeda yang stabil, berat full bike di sekitar 9,5 kg – 11 kg ( untuk XC/Trails ), komponen yang kuat, dan yang paling penting setting / fitting sepeda sesuai postur tubuh kita dan sesuai dengan style karakter MTB’ers itu sendiri.
Sepeda fullsus type trails,enduro,4X,dirt jump,AM,DH pun jika disupport dengan komponen HUBS,BB,PULLY RD yang halus dan ringan diputar tentunya lebih akan lebih mantap dikendarai dan dikendalikan di trek MTB…
Yang diperlukan untuk kita sebagai Mountain Bikers adalah sepeda yang stabil untuk bermanuver melahap beberapa tikungan dan turunan, juga ringan digowes/digenjot saat trek datar dan menanjak….
Sepeda yang ringan hanya enak untuk digowes pada route jalan menanjak dan panjang, akan tetapi bagi newbie tentunya akan sulit mengendalikan bermanuver dan menjaga keseimbangan saat turunan dan tikungan pada beberapa trek yang memang dirancang untuk bersepeda XC / Trails…apalagi jika trek sedang basah./licin….akan tetapi,mungkin jika yang menggunakan sepeda tersebut adalah atlit / pembalap yang profesional tidak akan menjadi masalah dalam hal manuver…
Di jalan aspal datar dan panjang pun sepeda yang super ringan…. tanpa didukung ratio gear yang berbeda dari komponen yang digunakan / dijual pada umumnya, akan dilewati / disalip dengan sepeda yang mempunyai beban rata2 pada umumnya……” dengan catatan stamina yang sama berimbang antara rider bersepeda super ringan dan rider bersepeda biasa” … karena top speed sepeda yang super ringan tanpa didukung final gear yang berat pasti akan kehilangan traksi saat di jalan aspal datar yang panjang……ibarat motor balap salah setting gear….yang akhirnya pada power yang dikeluarkan untuk top speed tidak sesuai dengan ratio final gear…
Singkat kata, jadi kesimpulannya sepeda yang stabil dan ringan di gowes / genjot kuncinya adalah berada pada :
1. geometris frame yang sesuai dengan postur tubuh dan memang di design / di research untuk RACE
2. tekanan fork / suspensi ( merk mahal pun tetap harus di setting sesuai karakter MTB’ers itu sendiri dan kondisi trek yang sering kita kunjungi )
3. Bottom bracket ( BB ) / bisa dicoba dengan ceramics bearing yang pasti lebih ringan dan halus saat digowes
4. Hubs / wheel set
5. Ban / tyre
6. Pully RD ( berpengaruh pada halusnya putaran rantai )
Semoga informasi ini bisa merubah pandangan kita bahwa sesungguhnya setting sepeda MTB berbeda dengan sepeda Road Race yang memang beban yang ringan adalah syarat diutamakan…. beli komponen – komponen yang bermanfaat….sepeda yang ringan diangkat belum tentu ringan digowes
Sumber : Bukit Tinggi Mountain Bike
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar